Konstruksi untuk terowongan sepanjang 25,81 Km ini dimulai tahun 1991 dan dibuka untuk umum pada tahun 2002. Setelah melewati medan berbukit, terowongan ini menghubungkan Tokyo dengan Aomori. Kedalaman maksimum dari terowongan ini adalah sekitar 200 meter.
6. Taihang Tunnel – China (27,848 km):
Sebuah terowongan double track, terowongan ini selesai pada bulan Desember 2007. Dibangun untuk Penumpang Kereta Api Shitai, ini menghubungkan ibukota provinsi Hebei, Shijiazhuang dengan Taiyuan, ibukota provinsi Shanxi. Panjang Terowongan itu adalah 27,848 km.
5. Guadarrama Rail Tunnel – Spain (28,4 km):
Guadarrama Rail Tunnel adalah terowongan kereta api yang menghubungkan Madrid dan Valladolid, yang merupaka rel kereta api kecepatan tinggi, dengan panjang 28,4 km. Terowongan ini memiliki dua tabung, dan merupakan terowongan rel terpanjang di Spanyol.
4. Loetschberg Tunnel – Switzerland (34,57 km):
Loetschberg Tunnel merupakan terowongan kereta api yang memiliki panjang 34,57 km, menghubungkan Frutigen, Berne dan Raron. Terowongan ini dapat menampung baik kereta penumpang dan kereta barang. Bagi wisatawan Jerman bepergian ke resor ski Swiss, terowongan ini telah berjasa besar karena memotong waktu perjalanan mereka menjadi setengah perjalanan sebelumnya.
3. Channel Tunnel – England and France (49.9 km):
Terowongan Channel memberikan link rel sangat nyaman antara Inggris dan Perancis, melalui jalur kereta api di bawah dasar laut. Dengan panjang 49.9 km dan bagian sepanjang 37,9 km berada di bawah laut, sehingga membuatnya terowongan bawah laut ini menjadi salah satu yang terpanjang di dunia.
Terowongan Channel berada di bawah Selat Inggris (tepatnya di Selat Dover) yang menghubungkan Cheriton, Kent, di Britania Raya, dan Coquelles dekat Calais di utara Perancis.
Proyek berbiaya besar ini awalnya dimulai dengan beberapa kesalahan, dan akhirnya selesai dibangun pada 1994.
Saat ini, sebelum Gotthard Base Tunnel dibuka, Channel merupakan terowongan rel terpanjang kedua di dunia setelah Terowongan Seikan di Jepang. Terowongan ini dioperasikan oleh Eurotunnel plc. Chunnel - dimana Chunnel adalah kependekan dari The Channel Tunnel
2. Seikan Rail Tunnel – Japan (53.8 km):
Dengan panjang 53.8 km, rekor untuk terowongan rel terpanjang di dunia sejauh ini telah dicapai oleh Rail Seikan Tunnel yang menghubungkan pulau Honshu ke pulau Hokkaido. Terowongan ini dibuka pada 1988, dan memiliki hamparan 23,5 km yang telah dibangun di bawah dasar laut (Selat Tsugaru). Ini juga merupakan terowongan rel terdalam di dunia.
1. Gotthard Base Tunnel – Swiss Alps (57 km ):
Gotthard Base Tunnel akan dibuka hanya untuk lalu lintas kereta api pada tahun 2017. Terowongan Dasar Gotthard merupakan terowongan kereta api dibawah Alpen di Swiss . Terowongan ini akan menghubungkan dua desa di kedua sisi pegunungan Gotthard, dan telah digali 2000m di bawah pegunungan.
Dengan panjang 57 km (35,4 mil), terowongan itu akan menjadi bagian penting dari jaringan yang menghubungkan Eropa Utara dengan Eropa tenggara. Total panjang dari terowongan, lubang dan bagian-bagiannya 151,84 km (94,3 mil). Terowongan rel ini akan menjadi terpanjang di dunia, melebihi terowongan bawah laut Seikan di Jepang.