Menjelang Lebaran biasanya berita tentang kemacetan di jalur mudik paling banyak dimuat, beberapa jalur - jalur yang biasanya dilalui para pemudik terjadi kemacetan.
Beberapa penyebab kemacetan lalu lintas di jalur mudik menurut hasil identifikasi Kementerian Perhubungan diperkirakan ada beberapa potensi masalah penyebab kemacetan tersebut seperti :
1. Pelintasan sebidang dengan rel KA diprediksi berpotensi
menimbulkan antrean panjang kendaraan saat kereta melintas. Selain itu, pelintasan sebidang pun
terhitung rawan kecelakaan jika tanpa pengawasan atau palang pintu.
Beberapa pelintasan yang diperkirakan menjadi sumber kemacetan adalah Pejagan (Brebes),
Cicalengka (Bandung), Prupuk (Tegal), Sumpiuh (Banyumas), dan Karanganyar (Kebumen).
2. Tingginya pengguna sepeda motor sebagai transportasi mudik juga dipandang sebagai salah satu
hambatan kelancaran lalu lintas mudik.
Kebiasaan pengendara sepeda motor menerobos kemacetan dengan segala cara dipandang akan
memperlambat kerja aparat untuk mengurangi kemacetan. Apalagi, jumlah pemudik dengan
sepeda motor setiap tahunnya meningkat.
3. Kehadiran pasar tumpah. Di sepanjang jalur utama lintasan Jawa Barat-Jawa Tengah diperkirakan
terdapat 88 titik pasar tumpah yang menjadi sumber kemacetan.
4. Sarana jembatan dry port (pelabuhan darat) yang masih dalam tahap pengerjaan atau penyelesaian
di beberapa lokasi utama jalur mudik. Beberapa lokasi jembatan dry port ya
5. Titik - titik lokasi sumbangan pembangunan tempat ibadah yang tersebar di sepanjang jalur mudik
juga dipandang berandil menyebabkan kemacetan. Penggunaan badan jalan untuk meletakkan
kotak sumbangan ataupun untuk orang yang meminta sumbangan bisa menghambat laju
kendaraan.
6. Beberapa ruas yang sedang dalam tahap perbaikan akan diberlakukan sistem buka-tutup arus
kendaraan. Namun, sistem ini kerap dilanggar karena pengendara kendaraan cenderung
memanfaatkan pula jalur yang berlawanan.
7. Kesiapan penyeberangan. Pada penyeberangan Merak-Bakauheni, misalnya, dermaga
Plengsengan, Bakauheni, Lampung, hanya bisa disandari beberapa kapal. Dermaga tersebut juga
hanya bisa dilintasi kendaraan berkapasitas kecil dengan bobot di bawah 25 ton.
Penyeberangan Bali-Lombok pun berpotensi terhambat dengan sempitnya alur lintasan kapal di
Pelabuhan Padangbai, Bali. Sementara Pelabuhan Kayangan di Nusa Tenggara Barat mengalami
pendangkalan (sedimentasi) di sekitar dermaga 1.
Semoga bisa teratasi ditahun - tahun mendatang,..
Beberapa penyebab kemacetan lalu lintas di jalur mudik menurut hasil identifikasi Kementerian Perhubungan diperkirakan ada beberapa potensi masalah penyebab kemacetan tersebut seperti :
1. Pelintasan sebidang dengan rel KA diprediksi berpotensi
menimbulkan antrean panjang kendaraan saat kereta melintas. Selain itu, pelintasan sebidang pun
terhitung rawan kecelakaan jika tanpa pengawasan atau palang pintu.
Beberapa pelintasan yang diperkirakan menjadi sumber kemacetan adalah Pejagan (Brebes),
Cicalengka (Bandung), Prupuk (Tegal), Sumpiuh (Banyumas), dan Karanganyar (Kebumen).
2. Tingginya pengguna sepeda motor sebagai transportasi mudik juga dipandang sebagai salah satu
hambatan kelancaran lalu lintas mudik.
Kebiasaan pengendara sepeda motor menerobos kemacetan dengan segala cara dipandang akan
memperlambat kerja aparat untuk mengurangi kemacetan. Apalagi, jumlah pemudik dengan
sepeda motor setiap tahunnya meningkat.
3. Kehadiran pasar tumpah. Di sepanjang jalur utama lintasan Jawa Barat-Jawa Tengah diperkirakan
terdapat 88 titik pasar tumpah yang menjadi sumber kemacetan.
4. Sarana jembatan dry port (pelabuhan darat) yang masih dalam tahap pengerjaan atau penyelesaian
di beberapa lokasi utama jalur mudik. Beberapa lokasi jembatan dry port ya
5. Titik - titik lokasi sumbangan pembangunan tempat ibadah yang tersebar di sepanjang jalur mudik
juga dipandang berandil menyebabkan kemacetan. Penggunaan badan jalan untuk meletakkan
kotak sumbangan ataupun untuk orang yang meminta sumbangan bisa menghambat laju
kendaraan.
6. Beberapa ruas yang sedang dalam tahap perbaikan akan diberlakukan sistem buka-tutup arus
kendaraan. Namun, sistem ini kerap dilanggar karena pengendara kendaraan cenderung
memanfaatkan pula jalur yang berlawanan.
7. Kesiapan penyeberangan. Pada penyeberangan Merak-Bakauheni, misalnya, dermaga
Plengsengan, Bakauheni, Lampung, hanya bisa disandari beberapa kapal. Dermaga tersebut juga
hanya bisa dilintasi kendaraan berkapasitas kecil dengan bobot di bawah 25 ton.
Penyeberangan Bali-Lombok pun berpotensi terhambat dengan sempitnya alur lintasan kapal di
Pelabuhan Padangbai, Bali. Sementara Pelabuhan Kayangan di Nusa Tenggara Barat mengalami
pendangkalan (sedimentasi) di sekitar dermaga 1.
Semoga bisa teratasi ditahun - tahun mendatang,..