Thursday, December 29, 2011

Tips Mengobati Sakit Hati

Indahmemang ketika dapat mencintai orang yang disayang dan mendapat balasan yangsama. Namun hidup tak semudah itu, kadang cinta bertepuk sebelah tangan. Bagi sioptimis ini akan menjadi motivasi untuk berubah lebih baik dan mencari pasanganlagi. Tapi lain halnya dengan si pesimis, urusan ini bisa berlarut menjadidepresi, stress bahkan yang paling mengerikan yaitu bunuh diri. Menurut artikelyang saya baca sebuah penilitian yang dilakukan oleh penelitian dilakukan olehUniversitas St. Andrew menemukan 40 persen wanita dan 26 persen  pria daritiga tahun survey, nekat bunuh diri karena putus cinta atau ditinggal matikekasihnya. 

Beberapahari yang lalu saya melihat seorang teman di facebook menshare foto naditangannya yang tersayat. Si teman ternyata sedang patah hati. Dia melakukan inisemua untuk menunjukkan kepada si kekasih betapa hancurnya dia. Untunglah taksampai urat nadinya putus dan dia baik-baik saja. Sungguh sangat disayangkanpercobaan bunuh diri ini. Di Indonesia kasus seperti ini banyak dan seringterjadi. Contohnya, kasus di Jombang seorang gadis bernama Anis SetyaUtaminingsih (16) nekad gantung diri hanya karena putus pacaran. Ada juga seorangpolisi di Karangasem berpangkat Briptu ditemukan tidak benyawa di rumahnya dalamsurat wasiatnya terungkap bahwa si korban nekad mengakhiri hidup karena putuscinta.  
Mengerikansekali virus cinta ini mengalahkan keganasan demam berdarah, flu babi, fluburung dan wabah lainnya. Cinta ini tak berwujud tapi bisa menyerang danmenimbulkan dampak yang sangat besar. Untuk itu dibutuhkan cara yang bijakuntuk menghadapinya. Ingat! “Berani mencintai berarti siap untukkemungkinan terburuknya yaitu patah hati”. Tenang, banyak orang didunia ini yang mengalami hal serupa termasuk saya tentunya. Ada persoalan pastiada jawaban. 
Berikutsolusi yang bisa saya sarankan untuk mengatasi patah hati, ini bersumber daripengalaman pribadi dan beberapa teman yang ahli dalam bidang percintaan.
Bersyukur,cintai dan nikmatilah hidup. Hidup adalah anugerah. Cinta dalam arti universalmempunyai pengertian mencintai semua hal yang diberikan oleh Tuhan kepadamanusia. Seorang teman berinisial C pernah berkata. “putus cinta disyukuri saja”.Mungkin inilah jalan yang terbaik. Dia memang bukan jodohmu. Pasrahkan urusanjodoh kepada Tuhan, manusia hanya berkewaijban berusaha dan pasrah akanhasilnya. “kalau jodoh tak lari ke mana”. So tenang saja, hidup harusterus berjalan. 
Lakukanhal-hal yang menyenangkan. Refreshing sangat dibutuhkan untuk mengobati patahhati. Jalan-jalan ke tempat wisata, kumpul bareng teman-teman, mendengarkan musik,nonton film, makan cokelat dan masih banyak hal lainnya. Tak ada gunanyamenikmati hati yang tersakiti lebih baik melakukan hal positif yang bisamenyemangati diri. 
Sayajadi teringat film Eat Pray Love. Hidup butuh keseimbangan. Untuk mencintaibutuh tenaga, untuk menghasilkan tenaga butuh makan dan sebelum makan sebaiknyaberdoa. Maaf itu hanya deskripsi ngawur buatan saya. Intinya hidup di duniabukan hanya untuk cinta, pacaran atau hal-hal berbau merah jambu. Hidup ituluas. Masih ada keluarga, teman dan hal-hal menarik dan ajaib di dunia yangmenunggu untuk dilihat dan disaksikan. Buka mata hati dan nikmati hidup ini.
Waktunyainstrospeksi diri. Jadikan moment seperti ini untuk berbenah, mungkin kesalahanbukan ada padanya tapi ada pada diri sendiri. Sebagai manusia kita tak bolehegois, akuilah semua ada sisi buruknya. Ubah diri menjadi lebih baik. 
Danyang terakhir jangan takut atau trauma akan cinta. Sekali lagi cinta itu anugerahbukan kutukan. Buka hati untuk bisa mencintai dan dicintai orang lain. 
“Tebarkancinta dan kasih sayang di sekitar kita, otomatis cinta akan menghampiri”
(kalimat dari seorang temanyang dua kali diduakan, dua kali ditinggal nikah dan sekali cintanya direbuttukang martabak).
Cintatak akan ada habisnya untuk dibahas. Berjuta bahkan bermilyar lagu, film,tulisan , puisi dan sebagainya tak akan mampu mendeskripsikannya dengan pasti. Sepertiyang pernah saya katakan, cinta adalah misteri. Cukup dirasakan dan dinikmatikeberadaannya tanpa harus bersusah payah mengungkapkan artinya. Jadi cintailahcinta!